Monday, September 15, 2008

Kodok/Katak

Kodok/ Katak

Kehidupan

Amfibi juga bisa disebut Vertebrata. Vertebrata atau amfibi adalah hewan yang bertulang belakang. Amfibi dulu tinggal didalam air dan mulai tinggal didaratan kira-kira tiga ratus juga tahun yang lalu. Hewan yang termasuk amfibi adalah Katak, Kodok, dan Salamander.

Katak dan Kodok termasuk dalam ordo anura cirri- cirinya adalah bertubuh montok dengan mata menonjol. Pada sebagian kodok gendang telinga belakangnya terlihat.


Tahap- tahap kehidupan Katak/ Kodok

Pertama- tama adalah berudu yang hidup didalam air. Berudu bernafas dengana insang dan berekor panjang. Setelah dewasa buntut sedikit- sedikit mulai menghilang dan alat pernafasan menjadi paru- paru. Kodok bisa menganti oksigen dengan kabondioksida dengan kulitnya. Kulit kodok tidak dilindungi oleh rambut, sisik, ataupun bulu. Kulit mereka selalu terjaga kelembabannya karena kulitnya selalu menegeluarkan kelenjar lendir. Sebagian dari kodok menegeluarkan lendir yang sangat berbisa.

Katak

Katak biasa hidup di dekat danau, rawa, dan sungai. Katak berwarna hijau dan cokelat lebih banyak yang hidup di air. Matannya juga besar dan bundar. Katak jantan mempunyai kantong suara yang memebesar bila ia mengeluarkan bunyi. Katak cokelat hidup jauh dari air. Mereka hannya menuju ke air selama musim kawin.


Bertelur

Sebagian besar katak kawin didalam air. Hannya beberapa spesies yang berkembang biak didarat. Ada juga yang berkembang bbiak dipohon. Mereka menyangkutkan telur mereka di daun. Selama musim kawin sang jantan memeluk betinannya sangat erat dengan kedua kakinya. Telur yang diekluarkan oleh betina dibuahi oleh sperma lelakinya.

Telur yang kecil dan bundar dilidungi oleh suatu lapisan lendir. Telur akan ditinggalkan begitu saja di air

No comments: